Rembuk Stunting Di Desa Bandungan
Rembuk Stunting

By Admin 02 Jul 2022, 18:26:35 WIB Kegiatan Harian
Rembuk Stunting Di Desa Bandungan

Keterangan Gambar : Dokumentasi Kegiatan Rembuk Stunting Untuk Pencegahan Dan Penanggulangan Stunting Di Desa Bandungan Kecamatan Bulango Utara.


Kegiatan Musyawarah Desa Rembuk Stunting Di Desa Bandungan Kecamatan Bulango Utara.

Pemeritnah Desa Bandungan menggelar rembuk stunting pada awal bulan juli 2022 di Kantor Desa Bandungan, Sabtu (02/07/2022). Rembuk stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2023, juga menjadi amanat Pemerintah Pusat dan Kabupaten terhadap pemerintah desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa tahun 2022 untuk pencegahan dan penanganan stunting.

Peserta dari rembuk stunting desa yaitu Kader Pembangunan Manusia (KPM), Kepala Puskesmas Bulango Utara, Ahli Gizi, Aparatur Desa, BPD, PD, PLD, Kader Posyandu, Babinkamtibmas Polsek Bulango Utara, PKK, Karang Taruna, dan dari pihak Kecamatan Bulango Utara dalam hal ini yang mewakili adalah Kasie Pemerintahan Ibu Warni Yunus, SE.

Baca Lainnya :

Berdasarkan keterangan pihak Kecamatan pada acara tersebut, rembuk stunting ini sifatnya wajib dilaksanakan di setiap desa karena diinstruksikan langsung dari pemerintah pusat berdasarkan regulasi.

Permasalahan stunting menjadi prioritas pemerintah dikarenakan masalah ini memengaruhi kualitas SDM yakni terhambatnya tumbuh kembang anak. Oleh sebab itu, program ini harus dilaksanakan secara konvergen atau terpusat, terpadu, terkoordinasi oleh berbagai lintas sektor.

Dalam sambutannya Kades Bandungan Ismet Pakaya, menyampaikan mengingat urgensi persoalan stunting ini, maka diwajibkan Bagi Desa menuangkan dalam RKP Desa dan APBDes untuk memastikan adanya program penanganan dan pencegahan  stunting.

Langkah ini diambil dengan harapan dapat membangun kapasitas dan komitmen pemerintah desa dalam merencanakan, mengimplementasikan, memantau, dan mengevaluasi intervensi yang terpusat guna mengurangi angka gagal tumbuh anak. Hal ini menjadi penting sebab pencegahan dan penanganan stunting menjadi salah satu komitmen pencapaian pemerintah dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/SDGs.

Bulango Utara, 02 Juli 2022





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment